MELIHAT KE DALAM

Home/ Artikel/ MELIHAT KE DALAM


            Tema melihat kedalam dalam pameran mural dan instalasi kali ini memiliki visi untuk memperkenalkan kegiatan berkesenian khususnya seni rupa di daerah Sumatra barat. Dimana perkembangan dunia seni rupa untuk di dareh sumatra barat masih belum mendapatkan apresiasi yang cukup dari berbagai kalangan khususnya masyarakat luas dan instansi pemerintahan yang menangani bidang tersebut.

img-1432873349.jpg

            Masyarakat Sumatra barat sekarang ini pada umumnya masih memiliki pemahaman yang sangat minim mengenai kegiatan berkesenian baik yang di dalam sekolah maupun luar sekolah. Masyarakat masih berpikir bahwa seni tidak terlalu penting di bandingkan dengan disiplin ilmu lain seperti bidang ekonomi,tekhnik, IPA,kedokteran,dll. Padahal setiap disiplin ilmu memiliki peranan penting masing-masing yang tidak dapat kita anggap enteng.

img-1432873414.jpg

            Kegiatan berkesenian seperti yang di lakukan oleh seniman-seniman street art di kota padang dan di Sumatra barat semakin berkembang,hal itu dapat dilihat dari menjamurnya karya-karya graffiti,mural,maupun poster yang berada di setiap sudut kota di daerah Sumatra barat. Namun hal itu hanya mendapatkan sedikit apresiasi dari masyarakat yang secara kebetulan lewat dan melihat karya-karya tersebut,seolah karya-karya street art yang berada si kota-kota sumtra barat hanyalah sebuah “coretan” di dinding yang tidak mempunyai makna apa-apa dan cenderung diartikan sebagai sampah visual yang mengotori sudut-sudut kota. Padahal setelah kita lihat lebih jauh setiap karya yang dibuat merupakan sebuah gagasan dari sang seniman yang membuat karya tersebut,dimana setiap seniman memberikan suatu ide,gagasan,keresahan,maupun perasaan yang di alaminya,baik itu menyangkut dirinya maupun lingkungan di sekitarnya.jadi tema melihat kedalam dalam pameran mural instalasi kali ini selain memberikan informasi tentang street art yang berupa mural instalasi,juga menunjukan pada masyarakat bahwa di setiap karya yang di tampilkan memiliki ide-ide maupun topik-topik menarik yang di angkat oleh para seniman.

img-1432873509.jpg

            Melihat kedalam pada pameraan kali ini bukan hanya untuk memperkenalkan kegiatan berkesenian kepada masyarakat luas saja namun juga untuk para seniman maupun perupa yang ikut berpartisipasi dalam pameran dan juga yang tidak berpartisipasi. Agar dapat menyerap dan mengkomunikasikan gagasan dari sebuah tema dalam pameran dan menuangkannya dalam bentu sebuah karya.

            Sehingga diharapkan setelah pameran ini usai, “pesta” berkesenian akan tetap berlanjut dan tidak hanya habis di waktu pameran saja,dimana akan terciptanya iklim seni rupa yang berbeda,segar,dan selalu berkembang di wilayah Sumatra Barat.

 

            Berlanjut pada korelasi antara karya dengan gagasan dengan melihat kedalam, pada uraian singkat di sini mungkin akan diambil beberapa karya yang akan diuraikan sedekat mungkin dengan tema melihat kedalam.dalam pameran kali ini para seniman dan perupa mencoba untuk menampilkan gagasan yang mengarah kepada tema melihat ke dalam, seperti karya dari kelompok seni villa A yang berjudul “apo yang di cari kawan?”,dan karya dari kelompok blank,yang dimana di dalam karya mereka ingin mengangkat gagasan tentang suatu hubungan dalam sebuah kelompok dimana mereka ingin mengedepankan sifat dari melihat kedalam  yang mana di sini merupakan suatu elemen penting yang harus dimiliki oleh sebuah kelompok.

img-1432873801.jpg

            Berbeda dengan karya dari kelompok seni losbaro yang berjudul “exotica teracotta”,dan karya dari kelompok  teras,yang mana pada karya mereka ingin mengkritisi tentang keadaan praktik seni rupa yang terjadi di wilayah Sumatra barat, dimana keadaan praktik seni rupa dan kegiatan berkesenian masih banyak memiliki kendala,hambatan dan tindak lanjut yang masih kurang baik,sehingga pengaruh dan manfaat dari kegiatan berkesenian masih kurang dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

            Berdasarkan uraian singkat di atas dapat diambil bahwa untuk di sumatra barat masyarakat masih memiliki apresiasi yang rendah terhadap kegiatan berkesenian khususnya seni rupa,oleh sebab itu harapan kedepannya setelah pameran ini akan nampak atau setidaknya sedikit berubah pandangan masyarakat yang menyaksikan pameran dalam memandang dunia berkesenian yang ada di Sumatra barat,sehingga menimbulkan aroma dan suasana baru yang lebih fresh  di dunia berkesenian di Sumatra barat.

 

Co Curator

Satria Ramadhan

           

 

           

           

 

           

           

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar